Teknik Pembuatan Kain Tenun

Program Studi Teknik Pembuatan Kain Tenun merupakan salah satu Program Diploma II yang diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. Program studi ini diselenggarakan mulai tahun 2015 dimana setiap tahun jumlah penerimaan mahasiswanya terus ditingkatkan mengingat permintaan yang besar dari para pelaku industri terhadap lulusan Program Studi ini.

Proses perkuliahan yang diterapkan berbasis kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga output yang ditekankan adalah output kompetensi mahasiswa sesuai bidang keahliannya. Program studi ini mencakup pembelajaran :

  1. Pengetahuan pendukung diantaranya pembelajaran mengenai aplikasi komputer, penanaman etika kerja, keselamatan di tempat kerja, dan peningkatan kemampuan bahasa inggris mahasiswa
  2. Pengetahuan dasar tekstil seperti serat tekstil dan manufaktur tekstil
  3. Proses persiapan pertenunan yaitu winding, warping, sizing dan reaching
  4. Proses penyetelan beam lusi
  5. Teknik pengoperasian mesin shuttle loom dan shuttle less loom
  6. Pengendalian mutu proses produksi dan pengujian benang

Proses perkuliahan ditujukan untuk mencapai level SKKNI dalam bidang teknik pembuatan kain tenun pada level 4 sehingga perkuliahan lebih ditekankan pada bidang praktikum. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah berbasis kompetensi sehingga mahasiswa lulusan Teknik Pembuatan Kain Tenun selain mendapatkan ijazah juga mendapatkan sertifikat Uji Kompetensi. Guna menghasilkan lulusan yang berkompeten maka perkuliahan di program studi Teknik Pembuatan Kain Tenun didukung dengan fasilitas praktikum yang lengkap dan terintegrasi dengan dunia industri dan juga didukung dengan tenaga / staff pengajar dari ahli dan praktisi di industri pembuatan kain tenun.


Workshop Program Studi Teknik Pembuatan Kain Tenun :

  1. Mesin Tenun Shuttle Loom
  2. Mesin Tenun AJL Cam
  3. Mesin Tenun Rapier Dobby

Lab. Pengujian dan Evaluasi Serat, Benang, dan Kain:

  1. Termogygrograph
  2. Laboratory Air Conditioning System
  3. Timbangan
  4. Oven yang dilengkapi Termostate
  5. Mesin Reeling
  6. Alat uji kekuatan tarik dan mulur benang
  7. Alat uji twist / antihan benang
  8. Alat uji kekuatan tarik kain
  9. Alat Uji ketidakrataan hairness benang

Ketua Prodi Teknik Pembuatan Kain Tenun : Adhy Prastyo Eko Putranto, STP, MT

ak tekstil solo

Lahir di Karanganyar, pada tahun 1982 menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Pembuatan Kain Tenun di AK Tekstil Solo. Sebelum menjadi Dosen dan Ketua Program Studi, beliau pernah bekerja di BDI Makassar. Pendidikan formal yang pernah ditempuh diantaranya Sarjana Teknologi Pertanian di Universitas Gadjah Mada dan Magister Teknik & Manajemen Industri di Institut Teknologi Bandung. Diklat yang pernah diikuti diantaranya Auditor Sistem Manajemen Mutu, Verifikator & Pengembangan Tempat Uji Kompetensi (TUK), serta diklat Asesor Kompetensi.

 

Sekretaris Prodi : Yunus Nazar, S.ST

Anggota Prodi :

  1.  D. Danu Prasetyo A.Md
  2.  Bintan Oktaviani S.ST
  3.  Pauli Cristy Pakpahan S.ST
  4.  Nungky Amalia Imran S.Kom.
  5.  Usaid Syawahidul Chaq S.Kom.
  6.  Hefni Rosyadi, S.E.

Mata Kuliah DII Teknik Pembuatan Kain Tenun

Kalender Akademik Teknik Pembuatan Kain Tenun (Klik untuk melihat)