Teknik Pembuatan Garmen

Program Studi Teknik Pembuatan Garmen merupakan salah satu Program Diploma II yang diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. Program studi ini diselenggarakan mulai tahun 2015 dengan penerimaan awal 120 mahasiswa setiap tahun dengan rencana untuk terus ditingkatkan jumlah penerima mahasiswanya mengingat permintaan yang besar dari para pelaku industri terhadap lulusan Program Studi ini.

Proses perkuliahan yang diterapkan berbasis kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga output yang ditekankan adalah output kompetensi mahasiswa sesuai bidang keahliannya. Program studi ini mencakup pembelajaran :

  1. Pengetahuan pendukung diantaranya pembelajaran mengenai aplikasi komputer, penanaman etika kerja, keselamatan di tempat kerja, dan peningkatan kemampuan bahasa inggris mahasiswa
  2. Pengetahuan dasar tekstil seperti serat tekstil dan manufaktur tekstil
  3. Proses menggambar dan mendesain pola baik secara manual maupun dengan komputer (CAD)
  4. Teknik pemilihan bahan, proses penggelaran dan pelipatan sampai teknik pemotongan bahan sesuai pola
  5. Teknik pengoprasian mesin jahit, proses menjahit, pengenalan mesin-mesin special di industri garmen, dan pengenalan mesin border
  6. Pengendalian mutu proses produksi dan pengujian garmen

Proses perkuliahan ditujukan untuk mencapai level SKKNI dalam bidang garmen pada level 4 sehingga perkuliahan lebih ditekankan pada bidang praktikum. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah berbasis kompetensi sehingga mahasiswa lulusan Teknik Pembuatan Garmen selain mendapatkan ijazah juga mendapatkan sertifikat Uji Kompetensi. Guna menghasilkan lulusan yang berkompeten maka perkuliahan di program studi Teknik Pembuatan Garmen didukung dengan fasilitas praktikum yang lengkap dan terintegrasi dengan dunia industri dan juga didukung dengan tenaga / staff pengajar dari ahli dan praktisi di industri Garmen.


Fasilitas Workshop Pembuatan Pola Manual :

  1. Tracer Table
  2. Pattern Table
  3. Dummy

Pada workshop pola manual dilengkapi dengan peralatan pembuatan pola dengan sistem drapping maupun sistem drop.


Fasilitas Workshop Pemotongan Bahan :

  1. Round Knife Cutting Machine
  2. Vertical knife (8 “) Cutting Machine And Cutter Cutting Machine
  3. Cutting Table

Fasilitas Workshop Pola CAD :

  1. Komputer core i7
  2. Software OPTITEX dengan fitur design 3D

Ketua Prodi Teknik Pembuatan Kain Garmen : Rita Istikowati, ST, MT
ak tekstil soloLahir pada tahun 8 Maret 1980 menjabat sebagai Ketua Program Studi Teknik Pembuatan Garmen di AK Tekstil Solo. Sebelum menjadi Dosen dan Ketua Program Studi, beliau pernah bekerja di Politeknik STMI Jakarta. Pendidikan formal yang pernah ditempuh diantaranya Sarjana Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung dan Magister Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung.

 

 

Sekretaris Prodi : Abdul Rohman H. S.ST

Anggota Prodi :

  1. Irham Aribowo S.ST
  2. Mega Kumala Ratna S.ST
  3. Nurul Anwar S.ST
  4. Laily Nurfiana S.Tr.Bns
  5. Yoel Santo Andrianus S.Tr. Bns
  6. Miswar Adi N. S.T
  7. Winarsih S.Pd

Mata Kuliah DII Teknik Pembuatan Garmen

Kalender Akademik Teknik Pembuatan Garmen (klik untuk melihat)