Teknik Pembuatan Benang

Program Studi Teknik Pembuatan Benang merupakan salah satu Program Diploma II yang diselenggarakan oleh Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta. Program studi ini diselenggarakan mulai tahun 2015 dengan penerimaan awal 120 mahasiswa setiap tahun dengan rencana untuk terus ditingkatkan jumlah penerima mahasiswanya mengingat permintaan yang besar dari para pelaku industri terhadap lulusan Program Studi ini.

Proses perkuliahan yang diterapkan berbasis kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sehingga output yang ditekankan adalah output kompetensi mahasiswa sesuai bidang keahliannya. Program studi ini mencakup pembelajaran :

  1.   Pengetahuan pendukung diantaranya pembelajaran mengenai aplikasi komputer, penanaman etika kerja, keselamatan di tempat kerja, dan peningkatan kemampuan bahasa   inggris mahasiswa
  2.   Pengetahuan dasar tekstil seperti serat tekstil dan manufaktur tekstil
  3.   Proses pengoperasian mesin blowing, carding, drawing dan combing
  4.   Proses pengoperasian mesin roving, ring spinning, open end dan winding
  5.   Pengendalian mutu proses produksi dan pengujian serat

Proses perkuliahan ditujukan untuk mencapai level SKKNI dalam bidang teknik pembuatan benang pada level 4 sehingga perkuliahan lebih ditekankan pada bidang praktikum. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah berbasis kompetensi sehingga mahasiswa lulusan Teknik Pembuatan Benang selain mendapatkan ijazah juga mendapatkan sertifikat Uji Kompetensi. Guna menghasilkan lulusan yang berkompeten maka perkuliahan di program studi Teknik Pembuatan Benang didukung dengan fasilitas praktikum yang lengkap dan terintegrasi dengan dunia industri dan juga didukung dengan tenaga / staff pengajar dari ahli dan praktisi di industri pembuatan benang.

Workshop Program Studi Teknik Pembuatan Benang:

  1. Mesin Carding
  2. Mesin Combing
  3. Mesin Drawing
  4. Mesin Roving
  5. Mesin Open End
  6. Mesin Ring Spinning
  7. Mesin Winding (Two For One)
  8. Mesin Winding (Winder).

Laboratorium uji dilengkapi dengan alat:

  1. Termohygrograph
  2. Laboratory Air Conditioner System
  3. Timbangan digital
  4. Oven yang dilengkapi termostate
  5. Alat uji panjang serat
  6. Alat uji kehalusan dan kedewasaan serat
  7. Alat uji kekuatan tarik dan mulur serat per bundle.

Kalender Akademik Teknik Pembuatan Benang (klik untuk melihat)