Sejarah

Tingginya permintaan tenaga kerja tingkat ahli untuk industri TPT, Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Pemerintah Kota Solo, API Jawa tengah serta Solo Technopark mendirikan Akademi Komunitas. Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil (AK-Tekstil) berdiri pada akhir tahun 2015. Pemilihan kota solo sebagai tempat pendiriannya tidak terlepas dari icon kota solo sendiri sebagai sentra tekstil khususnya Batik di indonesia. Konsep pengembangan Akademi Komunitas yang dibangun sepenuhnya untuk kepentingan industri dengan konsep pendidikan vokasi industri berbasis kompetensi.Β  AK-Tekstil dilengkapi fasilitas pendidikan berupa laboratorium, workshop dan teaching factory.Β AK-TekstilΒ juga dilengkapi dengan Lembaga Sertifikasi Profesi dan Tempat Uji Kompetensi.

AK-Tekstil Solo diresmikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo tanggal 26 januari 2016. Kegiatan pendidikan sendiri telah dimulai sejak tahun 2015. AK-Tekstil memiliki 3 program studi. Ketiga program studi tersebut yaitu Teknik Pembuatan Benang, Teknik Pembuatan Kain dan Teknik Pembuatan Garmen. Menggunakan metode pendidikan vokasi yang juga diterapkan di negara-negara industri maju dengan konsep dual System yang berorientasi kepada penguasaan kemampuan kerja dengan mengintegrasikan pendidikan di kampus dengan pendidikan di industri sehingga terwujud sinergi pembelajaran yang efektif guna menghasilkan tenaga kerja yang memiliki daya saing tinggi dan benar-benar siap kerja di dunia industri.

AK-Tekstil telah meluluskan Tenaga kerja yang telah bekerja dan tersebar di berbagai perusahaan tekstil di Indonesia karena telah mendapatkan garansi dan jaminan bekerja setelah lulus disamping juga konsep beasiswa untuk biaya pendidikan di Akademi komunitas industri tekstil dan produk tekstil Surakarta. AK-Tekstil telah menjadi pelopor pendidikan vokasi yang menjadi rujukan tentang bagaimana membangun kolaborasi yang baik antara lembaga pendidikan dan industri.