Lembaga Sertifikasi Profesi

Lembaga Sertifikasi Profesi P-1 AK-Teksil Solo

Latar Belakang Pendirian LSP

Dalam rangka menunjang visi Kementerian Perindustrian dalam menciptakan Industri yang tangguh melalui peningkatan pembangunan sektor industri dibidang rill dan didukung kebijakan Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian tentang penyelenggaraan pendidikan vokasi Akademi Komunitas Industri Tekstil Dan Produk Tekstil Surakarta untuk dijadikan lembaga pendidikan yang menghasilkan SDM kompeten dibidang Tekstil dan Produk Tekstil yang siap pakai untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli industri Tekstil dan Produk Tekstil di Indonesia pada umumnya dan wilayah solo raya pada khusunya.

Maka dengan hal tersebut Akademi Komunitas Industri Tekstil dan Produk Tekstil Surakarta (AK-Tekstil Solo) mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi untuk menyediakan SDM industri yang kompeten melalui penerbitan sertifikasi profesi. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P-1 AK-TEKSTIL SOLO  dibentuk atas dasar kepentingan dunia pendidikan dalam merespon perkembangan dunia kerja dan dunia industri di bidang tekstil dan produk tekstil terhadap lulusan yang dihasilkan untuk memastikan ketercapaian kompetensi mahasiswa, sesuai bidang dan level pendidikan yang diikuti. Sasaran LSP-P1 AK-TEKSTIL SOLO adalah menghasilkan calon tenaga kerja yang memiliki kompetensi di bidang Tekstil dan Produk Tekstil.


Visi dan Misi

Visi dari LSP-P1 AK-TEKSTIL SOLO adalah

“Menjadi Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama yang independen, terpercaya dan berdaya saing global dalam menjamin kompetensi SDM yang bermutu di bidang Industri Tekstil dan Produk Tekstil”.

Misi LSP-P1 AK-TEKSTIL SOLO yaitu :

  1. Menetapkan kebijakan dan menerapkan Pedoman Badan Nasional Sertifikasi Profesi;
  2. Menyediakan Tenaga Profesional yang kompeten dalam mengoperasikan LSP-P1 AK-TEKSTIL SOLO;
  3. Memberikan pelayanan uji kompetensi secara profesional yang mengutamakan mutu dan menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran, teliti, cepat, dan akurat serta efisien dalam menggunakan sumber daya;
  4. Menetapkan dan memelihara prosedur dan administrasi  Lembaga Sertifikasi Profesi dan melakukan perbaikan berkelanjutan;
  5. Mengembangkan Skema Sertifikasi sesuai dengan kebutuhan dunia industri Tekstil dan Produk Tekstil untuk meningkatkan daya saing lulusan AK-Tekstil Solo.
  6. Mendorong tenaga kerja yang kompeten dan tersertifikasi untuk sektor industri Tekstil dan Produk Tekstil.

STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI PIHAK PERTAMA
(LSP-P1) AK-TEKSTIL SOLO