Industri Tekstil dan Produk Tekstil Siap Menjadi 5 Besar Pemain Global

Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang diprioritaskan untuk dikembangkan dalam penerapan revolusi industri keempat. Hal ini sesuai dengan peta jalan Making Indonesia 4.0 dengan target menjadikan produsen TPT nasional masuk jajaran lima besar dunia pada tahun 2030.
.
“Khusus untuk industri shoes and sport apparels, produksi Indonesia sudah melewati China. Bahkan, di Brasil, sudah menguasai pasar hingga 80 persen,” kata Menperin @airlanggahartarto4.0. Sebesar 30 persen pakaian jadi dari hasil industri tekstil Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri, sedangkan 70 persennya untuk ekspor.
.
Menperin meyakini, industri TPT dalam negeri mampu kompetitif di kancah global karena memiliki daya saing tinggi. Hal ini karena struktur industrinya sudah terintegrasi dari hulu sampai hilir dan produknya juga dikenal memiliki kualitas yang baik di pasar internasional. Oleh karena itu, pemerintah terus memacu kinerja industri TPT. Apalagi, sektor ini tergolong padat karya dan berorientasi ekspor sehingga memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.

sumber: Kementerian Perindustrian

2 thoughts on “Industri Tekstil dan Produk Tekstil Siap Menjadi 5 Besar Pemain Global”

  1. Yang perlu ditekankan adalah, bahwa para alumni AK Tekstil Solo benar2 kompeten dalam mengaplikasikan ilmunya didalam kerja nyata, dan inovasi serta kreatifitas mereka, sehingga kualitas tekstil Indonesia bisa ” berbicara ” di pasar Global, bukan hanya di pasar lokal.

    Apakah Sekolah ini setara dengan Sekolah Kedinasan lainnya, spt STAN, STTD, STIS dll ? Yang mana para calon siswa hanya memiliki kesempatan mendaftar 1 dari semua sekolah kedinasan2 tsb ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *